Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alasan Bisnis Kecil Harus Membuat Aplikasi Mobile

4 Alasan Bisnis Kecil Harus Mempertimbangkan Membuat Aplikasi

Kami mengandalkan ponsel cerdas kami dan aplikasi di dalamnya untuk hampir semua yang kami lakukan, mulai dari berkomunikasi dengan orang lain hingga memesan makanan dan melakukan pembelian. Lebih dari 70% lalu lintas internet dunia sekarang berasal dari perangkat seluler, jadi wajar jika bisnis merasa perlu memanfaatkan lalu lintas tersebut dan memasarkannya kepada pengguna seluler.



Membuat aplikasi menjadi solusi yang digunakan setiap bisnis untuk semakin dekat dengan pengguna. Aplikasi ada di smartphone pengguna dan menawarkan pengalaman terbaik secara keseluruhan. Ada juga banyak alasan mengapa membuat aplikasi bisa menjadi investasi yang bagus untuk bisnis Anda, dan kami akan mengulasnya di artikel ini.

Mudah Dikembangkan

Hambatan masuk yang lebih rendah untuk memiliki aplikasi bisnis membuat pengembangan aplikasi lebih menarik. Tidak perlu merekrut pengembang dan membuat tim pengembangan in-house sama sekali. Bisnis dapat bekerja sama dengan pengembang dan mitra pihak ketiga untuk mewujudkan ide aplikasinya. Bisnis Anda juga bisa mengambil rute yang sama. Ada banyak sumber daya untuk membantu Anda mempelajari cara memulai.

Masih diperlukan pimpinan proyek in-house atau tim kecil yang menangani integrasi dan penerapan aplikasi, tetapi setiap tugas pengembangan lainnya dapat diselesaikan secara eksternal. Proses pengembangannya sendiri tidak serumit sebelumnya, yang berarti Anda dapat menghadirkan aplikasi yang akan disukai pengguna lebih cepat dari yang Anda kira.

Pengujian adalah tugas lain yang perlu dipertimbangkan solusinya. Anda tidak boleh merilis aplikasi yang memiliki banyak kesalahan dan bug, terutama di lanskap dan pasar aplikasi saat ini. Artinya, Anda harus memastikan bahwa aplikasi yang Anda kembangkan berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memasukkan uji regresi dan metode pengujian lainnya ke dalam siklus pengembangan.

Anda dapat bekerja dengan Pengujian Aplikasi Global untuk melakukan outsourcing pengujian regresi serta rutinitas pengujian lainnya. Perusahaan tersebut berpengalaman dalam melakukan uji regresi dan memastikan bahwa fitur baru yang ditambahkan dalam pembaruan tidak merusak aplikasi yang sudah ada. Anda melepaskan beban untuk mempertahankan pengalaman pengguna yang positif melalui pengujian kepada sekelompok teknisi pengujian yang cakap.

Bagus untuk Pemasaran

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan mengembangkan aplikasi adalah berada di ponsel pengguna. Saat Anda sudah menggunakan ponsel cerdas mereka, Anda semakin dekat dengan mereka. Jauh lebih mudah untuk melibatkan pengguna tersebut, berinteraksi dan terhubung dengan mereka pada tingkat yang lebih pribadi, dan bahkan mengubah perhatian mereka menjadi pembelian atau tindakan lainnya.

Sebuah aplikasi menghadirkan banyak peluang pemasaran. Ikon aplikasi itu sendiri adalah permulaan. Anda dapat menambahkan elemen merek selain logo utama Anda ke ikon. Beberapa aplikasi sekarang menggunakan ikon aplikasi untuk mempromosikan kampanye tertentu (yaitu penjualan kilat khusus seperti Black Friday) dan menarik perhatian pengguna. Aplikasi lain menggunakan halaman App Store dan Play Store untuk mengiklankan proposisi penjualan unik mereka.

Di dalam aplikasi, Anda memiliki kendali lebih besar atas cara Anda memasarkan produk dan layanan. Anda akan terkejut dengan banyaknya penjualan yang dapat Anda hasilkan hanya dengan memberikan perhatian pada diskon eksklusif 10% yang tersedia untuk pengguna aplikasi. Anda bahkan dapat memanfaatkan fitur asli seperti pemberitahuan push untuk memperluas jangkauan Anda.

Aplikasi asli sangat cocok untuk mempersingkat proses pengambilan keputusan pengguna. Pada saat yang sama, Anda memperpendek saluran penjualan Anda secara substansial. Alih-alih harus menyelesaikan empat hingga lima langkah untuk melakukan pembelian, pengguna yang telah memasang aplikasi bisnis Anda dapat melakukan pembelian dalam beberapa ketukan; yang berarti keuntungan pasar besar yang tidak ingin Anda lewatkan.

CX yang Menyenangkan

Pengalaman pelanggan dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda. Ketika pengguna atau pelanggan senang dengan interaksi mereka dengan merek dan bisnis Anda, mereka cenderung melakukan pembelian dan tetap setia pada produk dan layanan yang Anda tawarkan. Inilah sebabnya mengapa banyak bisnis berinvestasi besar-besaran dalam menyesuaikan pengalaman di dalam toko dan pengalaman pelanggan mereka secara umum.

Dengan aplikasi, Anda dapat menyesuaikan pengalaman pengguna untuk pengguna tertentu. Pengalaman pelanggan yang menyenangkan bisa berarti katalog produk yang mudah dijelajahi. Ini bisa berarti menambahkan augmented reality untuk memungkinkan pengguna mencoba produk Anda secara virtual. Ini juga bisa berarti memastikan bahwa penawaran terbaik tersedia di dalam aplikasi itu sendiri.

Anda dapat meningkatkan UX aplikasi Anda dengan mengadopsi masukan pengguna. Pengembangan aplikasi tidak pernah hanya dilakukan satu kali. Anda harus memperbarui dan meningkatkan aplikasi untuk membuat pengguna senang. Mintalah umpan balik dan pastikan Anda memasukkan umpan balik itu saat menyempurnakan aplikasi. Tambahkan fitur sesuai kebutuhan dan jangan lupa untuk fokus pada peningkatan fitur yang disukai pengguna.

Membuat pengguna sangat terlibat juga baik untuk keberlanjutan. Anda akan terkejut dengan banyaknya pelanggan setia yang datang dari aplikasi ini. Mereka lebih cenderung mempromosikan produk dan layanan Anda ke pelanggan lain. Selain itu, mereka akan mengingat Anda selama aplikasi Anda ada di ponsel dan perangkat seluler mereka.

Online ke Offline

Yang tidak kalah pentingnya, ada juga fakta bahwa aplikasi sempurna untuk menjembatani kesenjangan antara kehadiran online dan offline merek Anda. Aplikasi dapat digunakan untuk mendorong interaksi offline antara merek Anda dan pengguna. Menambahkan penawaran promosi eksklusif untuk digunakan dalam pembelian di toko atau membuat program loyalitas dalam aplikasi akan membantu keberlanjutan bisnis .

Anda menggunakan aplikasi sebagai cara untuk membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Itu bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan oleh situs web atau media lain, terutama ketika Anda mempertimbangkan betapa rumit penggunaannya pada waktu-waktu tertentu. Bahkan nama-nama besar seperti McDonalds dan Starbucks memindahkan pembayaran asli dan program loyalitas ke aplikasi mereka sendiri.

Jadi, haruskah bisnis Anda berinvestasi dalam aplikasi? Jika Anda menemukan alasan-alasan ini berharga untuk bisnis Anda, jawaban untuk pertanyaan itu pasti YA. Membangun aplikasi bisnis adalah investasi yang memberikan keuntungan besar bagi bisnis.